Sunday 18 September 2011

10 Cara Mengatur Waktu Kerja Yang Membuat Anda Lebih Kaya

Dalam bisnis apapun mengatur jam kerja adalah hal yang harus di optimal dan perhatikan agar semua perkerjaan bisa berjalan lancar dan tidak ada pekerjaan yang menumpuk apalagi bisa terlewat yang akhirnya mengacaukan semua jalannya pekerjaan yang sudah kita inginkan hasilnya.

Nah, begitupun halnya dengan waktu dan jam kerja dalam bisnis online. Banyak orang yang justru malah membuang waktu di depan internet dengan tanpa hasil, waktu yang terbuang, dan malahan biaya banyak yang sudah di keluarkan. Dengan kata lain hanya sibuk dan tidak produktif. 

Berikut 10 tips mengatur jam kerja anda untuk berbisnis online agar bisa lebih efektif, efisien dan produktif dan tentunya ini akan membuat anda lebih kaya :

1. Buatlah perencanaan
Anda memerlukan perencanaan kerja harian. Kalau tidak demikian, anda akan mengalokasikan waktu menurut apa saja yang kebetulan ada dimeja tulis anda. Awasilah setiap hari dengan membuat jadwall umum, dengan penekanan khusus pada dua atau tiga hal yang ingin anda selesaikan. Makin banyak waktu yang kita lewatkan untuk merencanakan sebuah project/pekerjaan, makin sedikit waktu yang diperlukan untuk menyelesaikannya.

2. Pusatkan perhatian
Golongan yang menghadapi masalah besar dalam hal pengurusan waktu biasanya mencoba melakukan banyak hal sekaligus. Jumlah waktu yang digunakan dalam suatu pekerjaan bukanlah hal yang penting. Tetapi yang lebih penting ialah menyediakan waktu yang tidak terganggu.

3. Ambillah waktu untuk istirahat
Bekerja dalam waktu yang lama apalagi di depan sinar komputer tanpa istirahat bukanlah penggunaan waktu yang efektif. Tenaga makin menurun, mata yang lelah, kebosanan makin mempengaruhi serta ketegangan fisik dan mental makin mengganggu. Oleh karena itu, anda memerlukan waktu istirahat yang secukupnya, kerana hanya dengan beristirahat sebentar saja bukan merupakan cara yang paling baik.

4. Jauhkan suasana berkecamuk
Kebanyakan orang selalu membiarkan meja tulisnya dipenuhi kertas yang bertumpuk. Mereka mengira bahawa dengan cara itu persoalan yang penting akan naik sendiri ke atas timbunan kertas itu. Sebenarnya keadaan berantakan/berkecamuk seperti ini mengganggu pandangan serta meningkatkan ketegangan dan membingungkan apa yang seharusnya anda kerjakan.

5. Jangan menjadi ‘perfectionist’
Ada perbedaan yang besar antara berusaha mendapat hasil yang baik dan bermati-matian mengejar kesempurnaan. Hal yang pertama , dapat dicapai, memberi kepuasan dan keberhasilan. Sementara langkah yang kedua, selalunya mustahil, mengakibatkan kekecewaan dan gangguan jiwa :-) Ia juga mengakibatkan mubazir waktu yang sia-sia.

6. Jangan takut mengatakan "TIDAK"
Dari banyak teknik menghemat waktu yang pernah ada,  yang paling efektif ialah selalu menggunakan perkataan tidak. Belajarlah menolak dengan mengunakan kebijaksanaan tetapi tegas terhadap setiap permintaan atau hal-hal yang tidak menunjang pencapaian tujuan anda.

7. Jangan menunda-nunda kerja
Penundaan kerja pada umumnya merupakan kebiasaan yang sudah berakar. Walaupun begitu, kita mampu mengubah kebiasaan ini asalkan kita menggunakan sistem yang tepat seperti memutuskan untuk berubah segera setelah anda selesai membaca artikel ini.

Sementara hati anda tergerak oleh motivasinya. Mengambil langkah pertama dengan segera adalah sangat penting. Seterusnya jangan mencoba terlalu banyak pekerjaan dalam waktu yang singkat. Apa yang perlu dilakukan ialah memaksa diri melakukan pekerjaan yang sudah tertunda sekarang juga.

8. Lakukanlah siasat radikal
Kegiatan membuang waktu sama seperti kanker. Ia menghabiskan tenaga dan cenderung tumbuh semakin besar. Satu-satunya cara penyembuhan adalah pembedahan radikal. Jika anda membuang waktu dalam kegiatan yang membuatkan anda bosan, alihkan perhatian daripadanya kerana ia mensia-siakan tenaga anda. Buanglah kegiatan ini, sekali untukselama-lamanya.

9. Delegasikan pekerjaan
Anda tidak perlu menjadi pemimpin nasional untuk mampu mendelegasikan pekerjaan. Sebagai peringatan, menyuruh bawahan pekerjaan yang tidak disukai oleh anda dan orang lain bukanlah mendelegasikannya, tetapi meberi perintah. Belajarlah mendelegasikan tugas yang penuh kesabaran dan memberikan imbalan. Ini dapat membantu melonggarkan waktu anda dan memberikan kesenangan untuk orang lain :-)

10. Jangan kecanduan kerja
Hampir semua orak sukses mempunyai jam kerja yang panjang, tetapi mereka tidak membiarkan pekerjaan mengganggu hal-hal yang pentig dalam hidup mereka, seperti bergaul dengan teman-teman dan canda ria. Ini membezakan mereka daripada orang yang kecanduan kerja yang sama tarafnya seperti orang yang kecanduan alkohol. Gejala kecanduan kerja mencakupi penolakan untuk mengambil cuti & berkerja di waktu yang seharusnya untuk berlibur.

Sekian tips mengatur jam kerja anda, agar anda bisa bekerja dengan lebih efisien waktu, biaya dan produktif. Khususnya untuk anda yang mulai sedang menekuni bisnis online :-)

Ada tambahan dari anda ? berikan di kolom komentar di bawah ini!

Share this

33 Responses to "10 Cara Mengatur Waktu Kerja Yang Membuat Anda Lebih Kaya"

  1. Nice tips mas subkhi,

    Senang bisa belajar di jutawan-net.com panduan nya jelas, semoga panduan yang sedang di update bisa segera selesai. Amin

    Tambahan : Membuat catatan kecil di meja kerja untuk hal-hal yang prioritas mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nice tips mas Subkhi,

      Senang bisa belajar di jutawan-net. com panduan nya jelas, semog panduan yang sedang di update bisa segera selesai. Amin

      Tambahan: Membuat catatan kecil di meja kerja untuk hal-hal yang prioritas mas

      Delete
  2. Cocok bgt buat motivasi para pemula spt sy..
    http://naxproductions.com

    ReplyDelete
  3. Tips bagus mas subkhi, semoga bisa saya aplikasikan. Mas subkhi trism atas bimbingannya berkat belajar di mas subkhi jutawan-net

    akhirnya saya melounchingkan website baru perdana saya : http://www.rumah-cerpen.com

    Semoga semakin sukse jutawan-net.com nya

    ReplyDelete
  4. wah dapat ilmu dan tips baru!!

    bagi yang mau pesesn account google adsense
    Klik Disini
    murah hanya 50 ribu

    m0hon maaf mas Subkhi, nitip promosi :D

    ReplyDelete
  5. Saya suka tuh siasat radikalnya... Makasih mas tipsnya

    ReplyDelete
  6. makasih mas Subhi, dengan membaca artikelnya, saya sekarang fokus mengatur waktu untuk membuat sebuah novel. Saya buat rancangan ceritanya terlebih dulu, jam sekian sampai sekian harus nulis, pokoknya harus kelar 2 minggu kayak andrea hirata. he..he..

    ReplyDelete
  7. Terimakasih mas Subkhi memang mengatur waktu sangat penting Orang yang sukeses, Kaya dan Miskin di beri waktu yang sama 24 jam dalam sehari semalam oleh Allah, tergantung bagaimana kita mengaturnya, dan banyak Firman Allah dalam Al Quran bersumpah demi Waktu.

    ReplyDelete
  8. Iyawch mas subkhi, tips yang bagus.
    saya makin yakin dan percaya bergabung di jutawan-net.com,
    ini id saya
    http://www.jutawan-net.com/?id=apickaichi

    saya harap semoga materi yang sedang diupdate segera selesai karena saya sangatd awam di "dunia seperti ini".. .

    salam sukses

    ReplyDelete
  9. sangat bagus artikelnya mas, walapun sudah lama menjadi member dan sampai saat ini belum menghasilkan karena belum action. Dalam waktu yang dekat saya segera action.

    ReplyDelete
  10. Nice tips gan... masalah perencanaan itu yg kadang2 ane suka gak perhatiin..

    ReplyDelete
  11. wach,,thank;s mas atas tips dan nya,,sip sip...

    ReplyDelete
  12. Artikelnya sangat menarik sekaligus sangat membantu...
    Aku tunggu Artikel selanjutnya, yachh ^_^

    http://yuckberbagi.blogspot.com/

    ReplyDelete
  13. sangat bagus untuk mengatur manajemen kita dalam online, sangat emmbantu,
    kunjungi juga,

    http://za-enal.blogspot.com/2011/10/jadwal-kerja-online-yang-efektif.html

    ReplyDelete
  14. " Jos gan, bravo action, action and action!!! sukses BRO

    ReplyDelete
  15. infonya sangat menarik dan informatif , sangat memotivasi pemula dan rekan bisnis lain yang ingin fokus di bisnis online. memang waktu menjadi kedala paling sering dihadapi untuk sukses di bisnis ini tapi dengan manajemen waktu yang dijelaskan mas subkhi saya kira waktu kita akan jadi lebih efektif dan lebih fokus pada target bisnis yang ingin dicapai ..salam sukses

    Blog Bisnis Online | Bisnis Internet | Internet Marketing

    ReplyDelete
  16. tips'y emang bener bgt..
    semua perlu siasat n strategi..
    thx mas subhki, d tunggu next tips'y..

    ReplyDelete
  17. WOW....Tips jitu krn saya termasuk bebrapa point diatas....GREAT and SUCCESS ....

    Emang perlu Income lain selain ngurusin kerjaan yg gak ada habis-habisnya.....

    mulai dari meeting,reporting etc....

    ReplyDelete
  18. Semoga saya bisa menjalankan semua yang sudah saya baca tadi

    ReplyDelete
  19. Bagus Motivasinya.. Terkadang kita lupa untuk istirahat akibat padatnya pekerjaan ato lagi ayik hingga lupa waktu. sampai makan aja terlupakan. hehehe

    ReplyDelete
  20. saya lagi semanget promosi mas subkhi,,,,semoga bisa dengan apa yang ada di setiap artikel bisnis jutawan-net

    ReplyDelete
  21. semoga aku bisa segera sukses and bebas finansial.. makasih tipsnya

    ReplyDelete
  22. semoga aku bisa segera sukses and bebas finansial.. makasih tipsnya

    ReplyDelete
  23. saran yang sangat bagus mas,karna waktu akan tetap berjalan,jangan sampe ada penyesalan dikemudian hari,yang pasti lebih cepat akan sangat lebih baik ya kan mas,trims dan SUKSES trus mas,,,,

    ReplyDelete
  24. Kita perlu membuat perencanaan jadwal kerja dari focus tujuan yang ingin kita capai..kita bisa membuatnya secara sedehana dari ms.excel yang terpenting tetaplah berpatokan dari rencana yang telah kita susun tersebut...biar waktu kita efektif ...dan semoga tercapai sesuai dengan target yang telah kita rancang diawal....

    ReplyDelete
  25. Waktu kerja harus efektif agar hsilnya bisa lebih baik..

    ReplyDelete
  26. Peluang Bisnia Online Travel agent PPOB epayment Online prospek Bisnis 2014 ! segera manfaatkan peluang ini >>> http://www.birotiket.org

    ReplyDelete
  27. hari ini banyak sekali tugas yang terlewat. Mungkin perlu disiplin dengan manajemen waktu, dan fokus pada target

    ReplyDelete
  28. waktu akan tetap berjalan cepat ,mgo SUKSES seperti mas,,,,subkhi

    ReplyDelete
  29. terima kasih banyak mas, tipsnya sangat bermanfaat :)
    jangan tunda2 langsung action!!!

    ReplyDelete

Berikan komentar anda dari artikel di atas disini. Feedback dan komentar anda adalah bagian yang terpenting dari artikel ini.