Nah, begitupun halnya dengan waktu dan jam kerja dalam bisnis online. Banyak orang yang justru malah membuang waktu di depan internet dengan tanpa hasil, waktu yang terbuang, dan malahan biaya banyak yang sudah di keluarkan. Dengan kata lain hanya sibuk dan tidak produktif.
Berikut 10 tips mengatur jam kerja anda untuk berbisnis online agar bisa lebih efektif, efisien dan produktif dan tentunya ini akan membuat anda lebih kaya :
1. Buatlah perencanaan
Anda memerlukan perencanaan kerja harian. Kalau tidak demikian, anda akan mengalokasikan waktu menurut apa saja yang kebetulan ada dimeja tulis anda. Awasilah setiap hari dengan membuat jadwall umum, dengan penekanan khusus pada dua atau tiga hal yang ingin anda selesaikan. Makin banyak waktu yang kita lewatkan untuk merencanakan sebuah project/pekerjaan, makin sedikit waktu yang diperlukan untuk menyelesaikannya.
2. Pusatkan perhatian
Golongan yang menghadapi masalah besar dalam hal pengurusan waktu biasanya mencoba melakukan banyak hal sekaligus. Jumlah waktu yang digunakan dalam suatu pekerjaan bukanlah hal yang penting. Tetapi yang lebih penting ialah menyediakan waktu yang tidak terganggu.
3. Ambillah waktu untuk istirahat
Bekerja dalam waktu yang lama apalagi di depan sinar komputer tanpa istirahat bukanlah penggunaan waktu yang efektif. Tenaga makin menurun, mata yang lelah, kebosanan makin mempengaruhi serta ketegangan fisik dan mental makin mengganggu. Oleh karena itu, anda memerlukan waktu istirahat yang secukupnya, kerana hanya dengan beristirahat sebentar saja bukan merupakan cara yang paling baik.
4. Jauhkan suasana berkecamuk
Kebanyakan orang selalu membiarkan meja tulisnya dipenuhi kertas yang bertumpuk. Mereka mengira bahawa dengan cara itu persoalan yang penting akan naik sendiri ke atas timbunan kertas itu. Sebenarnya keadaan berantakan/berkecamuk seperti ini mengganggu pandangan serta meningkatkan ketegangan dan membingungkan apa yang seharusnya anda kerjakan.
5. Jangan menjadi ‘perfectionist’
Ada perbedaan yang besar antara berusaha mendapat hasil yang baik dan bermati-matian mengejar kesempurnaan. Hal yang pertama , dapat dicapai, memberi kepuasan dan keberhasilan. Sementara langkah yang kedua, selalunya mustahil, mengakibatkan kekecewaan dan gangguan jiwa :-) Ia juga mengakibatkan mubazir waktu yang sia-sia.
6. Jangan takut mengatakan "TIDAK"
Dari banyak teknik menghemat waktu yang pernah ada, yang paling efektif ialah selalu menggunakan perkataan tidak. Belajarlah menolak dengan mengunakan kebijaksanaan tetapi tegas terhadap setiap permintaan atau hal-hal yang tidak menunjang pencapaian tujuan anda.
7. Jangan menunda-nunda kerja
Penundaan kerja pada umumnya merupakan kebiasaan yang sudah berakar. Walaupun begitu, kita mampu mengubah kebiasaan ini asalkan kita menggunakan sistem yang tepat seperti memutuskan untuk berubah segera setelah anda selesai membaca artikel ini.
Sementara hati anda tergerak oleh motivasinya. Mengambil langkah pertama dengan segera adalah sangat penting. Seterusnya jangan mencoba terlalu banyak pekerjaan dalam waktu yang singkat. Apa yang perlu dilakukan ialah memaksa diri melakukan pekerjaan yang sudah tertunda sekarang juga.
8. Lakukanlah siasat radikal
Kegiatan membuang waktu sama seperti kanker. Ia menghabiskan tenaga dan cenderung tumbuh semakin besar. Satu-satunya cara penyembuhan adalah pembedahan radikal. Jika anda membuang waktu dalam kegiatan yang membuatkan anda bosan, alihkan perhatian daripadanya kerana ia mensia-siakan tenaga anda. Buanglah kegiatan ini, sekali untukselama-lamanya.
9. Delegasikan pekerjaan
Anda tidak perlu menjadi pemimpin nasional untuk mampu mendelegasikan pekerjaan. Sebagai peringatan, menyuruh bawahan pekerjaan yang tidak disukai oleh anda dan orang lain bukanlah mendelegasikannya, tetapi meberi perintah. Belajarlah mendelegasikan tugas yang penuh kesabaran dan memberikan imbalan. Ini dapat membantu melonggarkan waktu anda dan memberikan kesenangan untuk orang lain :-)
10. Jangan kecanduan kerja
Hampir semua orak sukses mempunyai jam kerja yang panjang, tetapi mereka tidak membiarkan pekerjaan mengganggu hal-hal yang pentig dalam hidup mereka, seperti bergaul dengan teman-teman dan canda ria. Ini membezakan mereka daripada orang yang kecanduan kerja yang sama tarafnya seperti orang yang kecanduan alkohol. Gejala kecanduan kerja mencakupi penolakan untuk mengambil cuti & berkerja di waktu yang seharusnya untuk berlibur.
Sekian tips mengatur jam kerja anda, agar anda bisa bekerja dengan lebih efisien waktu, biaya dan produktif. Khususnya untuk anda yang mulai sedang menekuni bisnis online :-)
Ada tambahan dari anda ? berikan di kolom komentar di bawah ini!
Nice tips mas subkhi,
ReplyDeleteSenang bisa belajar di jutawan-net.com panduan nya jelas, semoga panduan yang sedang di update bisa segera selesai. Amin
Tambahan : Membuat catatan kecil di meja kerja untuk hal-hal yang prioritas mas
Nice tips mas Subkhi,
DeleteSenang bisa belajar di jutawan-net. com panduan nya jelas, semog panduan yang sedang di update bisa segera selesai. Amin
Tambahan: Membuat catatan kecil di meja kerja untuk hal-hal yang prioritas mas
Cocok bgt buat motivasi para pemula spt sy..
ReplyDeletehttp://naxproductions.com
Tips bagus mas subkhi, semoga bisa saya aplikasikan. Mas subkhi trism atas bimbingannya berkat belajar di mas subkhi jutawan-net
ReplyDeleteakhirnya saya melounchingkan website baru perdana saya : http://www.rumah-cerpen.com
Semoga semakin sukse jutawan-net.com nya
wah dapat ilmu dan tips baru!!
ReplyDeletebagi yang mau pesesn account google adsense
Klik Disini
murah hanya 50 ribu
m0hon maaf mas Subkhi, nitip promosi :D
Saya suka tuh siasat radikalnya... Makasih mas tipsnya
ReplyDeletemakasih mas Subhi, dengan membaca artikelnya, saya sekarang fokus mengatur waktu untuk membuat sebuah novel. Saya buat rancangan ceritanya terlebih dulu, jam sekian sampai sekian harus nulis, pokoknya harus kelar 2 minggu kayak andrea hirata. he..he..
ReplyDeleteTerimakasih mas Subkhi memang mengatur waktu sangat penting Orang yang sukeses, Kaya dan Miskin di beri waktu yang sama 24 jam dalam sehari semalam oleh Allah, tergantung bagaimana kita mengaturnya, dan banyak Firman Allah dalam Al Quran bersumpah demi Waktu.
ReplyDeleteIyawch mas subkhi, tips yang bagus.
ReplyDeletesaya makin yakin dan percaya bergabung di jutawan-net.com,
ini id saya
http://www.jutawan-net.com/?id=apickaichi
saya harap semoga materi yang sedang diupdate segera selesai karena saya sangatd awam di "dunia seperti ini".. .
salam sukses
sangat bagus artikelnya mas, walapun sudah lama menjadi member dan sampai saat ini belum menghasilkan karena belum action. Dalam waktu yang dekat saya segera action.
ReplyDeleteNice tips gan... masalah perencanaan itu yg kadang2 ane suka gak perhatiin..
ReplyDeletewach,,thank;s mas atas tips dan nya,,sip sip...
ReplyDeletejalan jalan ah
ReplyDeletethanks tipsnya mas...
ReplyDeleteArtikelnya sangat menarik sekaligus sangat membantu...
ReplyDeleteAku tunggu Artikel selanjutnya, yachh ^_^
http://yuckberbagi.blogspot.com/
sangat bagus untuk mengatur manajemen kita dalam online, sangat emmbantu,
ReplyDeletekunjungi juga,
http://za-enal.blogspot.com/2011/10/jadwal-kerja-online-yang-efektif.html
" Jos gan, bravo action, action and action!!! sukses BRO
ReplyDeleteinfonya sangat menarik dan informatif , sangat memotivasi pemula dan rekan bisnis lain yang ingin fokus di bisnis online. memang waktu menjadi kedala paling sering dihadapi untuk sukses di bisnis ini tapi dengan manajemen waktu yang dijelaskan mas subkhi saya kira waktu kita akan jadi lebih efektif dan lebih fokus pada target bisnis yang ingin dicapai ..salam sukses
ReplyDeleteBlog Bisnis Online | Bisnis Internet | Internet Marketing
tips'y emang bener bgt..
ReplyDeletesemua perlu siasat n strategi..
thx mas subhki, d tunggu next tips'y..
WOW....Tips jitu krn saya termasuk bebrapa point diatas....GREAT and SUCCESS ....
ReplyDeleteEmang perlu Income lain selain ngurusin kerjaan yg gak ada habis-habisnya.....
mulai dari meeting,reporting etc....
Semoga saya bisa menjalankan semua yang sudah saya baca tadi
ReplyDeleteLUAR BIASA
ReplyDeleteBagus Motivasinya.. Terkadang kita lupa untuk istirahat akibat padatnya pekerjaan ato lagi ayik hingga lupa waktu. sampai makan aja terlupakan. hehehe
ReplyDeletesaya lagi semanget promosi mas subkhi,,,,semoga bisa dengan apa yang ada di setiap artikel bisnis jutawan-net
ReplyDeletesemoga aku bisa segera sukses and bebas finansial.. makasih tipsnya
ReplyDeletesemoga aku bisa segera sukses and bebas finansial.. makasih tipsnya
ReplyDeletesaran yang sangat bagus mas,karna waktu akan tetap berjalan,jangan sampe ada penyesalan dikemudian hari,yang pasti lebih cepat akan sangat lebih baik ya kan mas,trims dan SUKSES trus mas,,,,
ReplyDeleteKita perlu membuat perencanaan jadwal kerja dari focus tujuan yang ingin kita capai..kita bisa membuatnya secara sedehana dari ms.excel yang terpenting tetaplah berpatokan dari rencana yang telah kita susun tersebut...biar waktu kita efektif ...dan semoga tercapai sesuai dengan target yang telah kita rancang diawal....
ReplyDeleteWaktu kerja harus efektif agar hsilnya bisa lebih baik..
ReplyDeletePeluang Bisnia Online Travel agent PPOB epayment Online prospek Bisnis 2014 ! segera manfaatkan peluang ini >>> http://www.birotiket.org
ReplyDeletehari ini banyak sekali tugas yang terlewat. Mungkin perlu disiplin dengan manajemen waktu, dan fokus pada target
ReplyDeletewaktu akan tetap berjalan cepat ,mgo SUKSES seperti mas,,,,subkhi
ReplyDeleteterima kasih banyak mas, tipsnya sangat bermanfaat :)
ReplyDeletejangan tunda2 langsung action!!!