Tuesday 15 November 2011

6 Proses Dasar Memulai Bisnis Online Agar Tidak Pernah Gagal

Kebanyakan orang berpikir bahwa membangun sebuah bisnis di internet itu  sama dengan membuat website, sehingga yang mereka pusingkan sejak awal  adalah bagaimana membuat website atau bagaimana menerima pembayaran  dari kartu kredit. Namun membangun bisnis di internet kan tidak melulu pekara membuat website.  

Ada proses yang anda harus lalui… hingga akhirnya anda membuat sebuah  website. Kan seperti itu ?

Apa saja prosesnya ?


Sebenarnya ada enam langkah yang harus anda tempuh untuk mendapatkan  penghasilan dari internet :

Langkah Pertama : Ide
Sama seperti ketika anda ingin membuka sebuah bisnis di  dunia nyata. Depot, warnet, salon misalnya… yaitu berawal dari sebuah ide.  Ide ini penting dan mutlak anda miliki sebelum anda punya bisnis. Karena  apa…? Karena kalau anda tidak punya ide, tentunya anda akan kebingungan mau buka  bisnis apa…   Nah, ide ini datangnya bisa dari berbagai macam hal. Mulai dari hobby,  kesenangan anda atau bisa jadi dari teman anda, televisi, media cetak, dsb.  Setelah anda menemukan sebuah ide, langkah berikutnya adalah

Menganalisa  Ide Tersebut
Kalau anda tidak menganalisa ide bisnis anda, lalu langsung  merealisasikannya hanya dengan modal semangat, keyakinan dan uang….  Maka besar kemungkinannya bisnis anda tidak akan berjalan sesuai yang anda  harapkan. 

Sebagai contoh, misalnya anda ahli dalam memasak masakan Jawa dan  sekarang anda berniat untuk membuka depot masakan Jawa. Kemudian anda  langsung menyewa ruko, membeli alat – alat masak, dll. Tanpa menganalisa ide  anda tersebut. Kemudian, depot anda pun kini sudah berdiri, anda pun siap menerima uang…. Namun, kenyataannya berbeda. Depot anda justru sepi. Jarang ada orang yang  mau datang untuk makan. Anda mulai stress….  
 Kebanyakan orang, di saat stress inilah mereka baru mulai berpikir. Ada apa  yang salah dengan bisnisnya. Ternyata setelah dianalisa ulang, orang – orang di  sekitar depot anda tersebut lebih senang makan masakan Padang (misalnya). 

Nah, kalau sudah begini kan repot…   Untuk itu proses menganalisa atau mematangkan ide anda itu adalah proses yang sangat penting untuk menentukan apakah ide anda tersebut benar – benar  layak dijalankan atau tidak.

Apa saja yang perlu dianalisa?  Ada banyak hal…! Yang pertama jelas jumlah calon customer. Apakah ide anda  tersebut banyak peminatnya atau ternyata malah sedikit. Nah, ini kan harus  dianalisa terlebih dahulu. Kalau anda ketahui di awal bahwa ide anda ini  peminatnya sedikit… ya ada baiknya untuk tidak merealisasikan ide tersebut.  Namun kalau analisa anda membuktikan bahwa ternyata ide anda banyak  peminatnya… Anda harus perhatikan juga hal – hal lain seperti jumlah  competitor, biaya dan metode beriklan yang efektif, dsb. Kalau setelah dianalisa, ide anda ternyata layak untuk dijalankan… barulah anda  menempuh langkah yang ketiga, yaitu

Take Action.
- Website
- Beriklan

Kalau kita ngomong bisnis di internet ya berarti action-nya membuat website,  membeli domain dan menyewa jasa hosting. Jangan khawatir kalau belum tahu  apa itu domain dan hosting. Nanti akan saya ajarkan detail di jutawan-net.com. Nah, ini langkah yang ketiga. Makanya dari awal saya bilang bahwa membuka  bisnis di internet itu tidak melulu pekara membuat website. Ada proses lain yang  harus anda lalui. Diantaranya yaitu menemukan ide dan menganalisa itu tadi… Setelah anda take action, website anda sudah jadi… langkah berikutnya adalah  anda harus beriklan. Karena kalau anda diamkan website anda begitu saja…  orang lain tidak akan pernah tahu website anda dan kalau orang lain tidak tahu  website anda, bagaimana anda bisa berjualan?

Untuk itu anda harus lakukan langkah yang keempat, yaitu beriklan…  Sama seperti kalau anda berjualan di dunia nyata, anda juga harus beriklan. Bisa  menggunakan spanduk, brosur, radio atau bahkan televisi. Macam – macam… Nah, kalau anda berjualan di internet… metodenya berbeda. Anda tidak lagi bisa  memasang spanduk atau menyebarkan brosur di internet. Tapi ada metode  beriklan lainnya yang bisa anda gunakan untuk mendatangkan pengunjung ke  website anda.

Dengan cara menulis artikel, misalnya… membuat blog… beriklan di Google…  banyak cara…! Bahkan ada banyak cara gratis yang bisa anda gunakan untuk  mengiklankan website anda dan ini juga akan lebih saya ajarkan detail di jutawan-net.com. Kemudian setelah beriklan, orang lain kan jadi tahu bisnis anda. Di sinilah titik  kritis bisnis anda. Sebab kalau anda menjual produk yang ‘asal – asalan’,  tentunya customer anda akan kecewa. Atau terlalu mahal, misalnya…

Nah, kalau customer sudah kecewa… mereka akan dengan senang hati dan  rela, tanpa disuruh pun mereka akan menceritakan kejelekan atau keburukan  produk anda. Apalagi dengan media internet… customer yang kecewa akan menyebarkan  kekecewaannya melalui email atau forum, sehingga dengan mudahnya orang  lain akan terpengaruh juga.
Untuk itu, jika anda ingin membangun bisnis jangka panjang, anda harus  pandai – pandai memuaskan customer anda dengan produk – produk yang  berkualitas dan dengan harga yang masuk akal.

Setelah anda melakukan kelima langkah ini dengan baik, tentunya anda akan  memiliki sebuah bisnis dengan penghasilan yang cukup menjanjikan. Ada  langkah terakhir yang harus anda tempuh untuk menjadikan sumber penghasilan  anda menjadi lebih dari satu. Yaitu …

Menduplikasi
Kelima langkah yang sudah anda lakukan menjadi sebuah  bisnis yang baru. Dengan demikian anda bisa memiliki penghasilan lebih dari  satu dan buku ini akan mengajarkan itu semua kepada anda sekarang.

Inilah konsep yang saya gunakan selama ini untuk membangun bisnis di internet  dan kalau anda aplikasikan, andapun akan bisa mendapatkan penghasilan dari  internet sesuai dengan hasil yang sudah anda harapkan.

Dan semua pembelajaran ini saya ajarkan detail serta lebih lengkap di jutawan-net.com

Semoga bisa bermanfaat dan membuka wawasan bagaimana mengenal dan memulai bisnis online dengan baik.

Share this

46 Responses to "6 Proses Dasar Memulai Bisnis Online Agar Tidak Pernah Gagal"

  1. Luar biasa artikel ini...

    Daftar di anda dimana dan bagaimana caranya ?

    ReplyDelete
  2. silahkan bagi yang ingin daftar kunjungi
    http://www.jutawan-net.com/?id=niinjatrilliuner

    ReplyDelete
  3. terima kasih tipsnya mas...
    mantap nih artikelnya...

    ReplyDelete
  4. Hallo mas subkhi, luar biasa artikelnya lengkap dan detail. Saya herdi ni mas, murid privat mas subkhi bulan lalu dan syukur luar biasa bimbel yang saya dapet sangat bermanfaat.

    Kini saya sudah mengeloal bisnis offline saya secara online, sudah ada 4 blog dengan pengunjung di atas 50 orang perhari...

    Komentar ini sekaligus untuk testimonia saya untuk mas, salam luar biasa mas dan maju terus untuk JNC

    ReplyDelete
  5. Terima kasih mas atas artikelnya
    Saya telah belajar banyak dari artikel ini.....
    Salam sukses

    ReplyDelete
  6. Trimakasih sarannya, karena saya masih belajar komputer, dan belum bisa meng otak atik komputer jadi ya pokoknya belajar terus walaupun saya masih belum sukses, tapi saya masih berkeinginan untuk maju, salam saya buat Aa ustad Subhki Suryanto sekeluarga.

    ReplyDelete
  7. tq. for your advice

    ReplyDelete
  8. thaks broo...semoga saya bisa mengikut jejak mu..aminnnnnn

    ReplyDelete
  9. yang mau daftar silahkan ke http://www.jutawan-net.com/?id=zain

    ReplyDelete
  10. Luar biasa mas subkhi, ya memang inilah step yang harus diketahui untuk bisa memulai bisnis online dengan benar dan tidak salah arah

    ReplyDelete
  11. Luar biasa Mas Subkhi, untuk setiap tulisan Anda yang brilliant.Join yuk ke Mas Subkhi lewat link saya http://www.jutawan-net.com/?id=addini

    ReplyDelete
  12. cukup mensupport mudahan + semangat

    ReplyDelete
  13. makasih mas telah berbagi ilmu dengan kami, semoga tetap sukses

    ReplyDelete
  14. ko say6a masih ada sedikit kesulitan ya

    ReplyDelete
  15. artikel yang penting banget bagi yang mau berbisnis lewat internet...mantap!!

    ReplyDelete
  16. Hmm.. perasaan pernah baca dech. Nice share :)

    ReplyDelete
  17. bisnis online nih awalnya membingungkan.
    tapi ntah kenapa sekarang jadi cinta mati :)

    ReplyDelete
  18. inspiratif...
    blog walking http://unsnews.blogspot.com

    ReplyDelete
  19. mantap mas subkhi , srtikel nya inspiring banget salam sukses

    ReplyDelete
  20. artikel2 seperti ini yg luar biasa yg sangat membantu perkembangan bisnis online. tidak ada yg tidak mungkin selama kita masih mau berusaha


    http://www.tekanini.com/smgenk
    http://www.jutawan-net.com/?id=sugenk_jn

    ReplyDelete
  21. kok isix pada promo sendiri di blog yg membuat product ni.

    ReplyDelete
  22. Saya belum punya ide, bagaimana kalau kasih lebih banyak ide, mungkin dengan ini bisa mendatang kan ide buatku.Trims.

    ReplyDelete
  23. Saya belum punya ide, bagaimana kalau kasih lebih banyak ide, mungkin dengan ini bisa mendatang kan ide buatku.Trims.

    ReplyDelete
  24. mantab om artikelnya, kebetulan saia lagi cari referensi belajar bisnis online, sukses selalu...

    ReplyDelete
  25. wah bnar2 mantap artikel2 dari mas subkhi..mskpun sy blm bs mnghsilkan sy slalu optimis bs spt mas subkhi..sy akui mmg krg'y sy brpromosi krna msh sbuk dgn pkrjaan jd blm bs mnghsilkan..sy mngkuti trus jejakmu..jaya trus JNC

    ReplyDelete
  26. terima kasih artikelnya bagus... top markotop!!! cuma gini mas, aku kurang bisa beriklan mambuat kalimat untuk iklan, mohon bimbingannya. termakasih

    ReplyDelete
  27. http://www.rahasiasuksesclickbank.com/?vip=6849

    ReplyDelete
  28. mas artikelnya mantaaaaaaaap......

    silahkan teman2 gabung http://pendek.in/06s67

    ReplyDelete
  29. sngguh brmanfaat maz artikely,,jujur saya sudah ga punya jalan keluar lagi..untk bisa mencari pemasukan,thanx y

    ReplyDelete
  30. mantab.......kereeeen nh artikel!!!

    ReplyDelete
  31. semoga......saya bisa..saya baru mulai belajar dari 0....semangat!

    ReplyDelete
  32. Hebat... Kang... Semua proyek bisnis harus memiliki prencanaan yang matang.. Agar memproleh hasil yang sesuai dengan yanv ditargetkan

    ReplyDelete
  33. lagi lakuin promo terus nie mas

    ReplyDelete
  34. Hadir membawa suasana baru untuk Movies monggo kesini http://libranomorseven.blogspot.com

    ReplyDelete
  35. Mantap banget.......sangat bermanfaat banget buat saya. Sukses slalu untuk Anda & Tim Anda.

    ReplyDelete
  36. pokoknya sippplah..
    http://duitfull.blogspot.com

    ReplyDelete
  37. Saya salah satu member jutawan-net.com
    Kira-kira saya harus promosikan blog saya/URL saya,mas?mohon bantuannya ya,mas.saya udah ga sabar nich.
    http://www.mohamadsopian.blogspot.com.
    http://pendek.in/1kqp

    ReplyDelete
  38. great mas...artikelnya memberi saya semangat lg,saya sudah putus asa harus gmn lagi membangun bisnis di internet.dg artikel ini saya jd bangkit kembali...thank's.

    ReplyDelete
  39. kalo mendaftar biayanya 400an rb yah? trus kalo beli video tutorial yg 100rb per 10 CD itu, lain lagi yah?

    ReplyDelete
  40. mas artikelnya mantap....sekali

    http://duitfull.blogspot.com

    ReplyDelete

Berikan komentar anda dari artikel di atas disini. Feedback dan komentar anda adalah bagian yang terpenting dari artikel ini.