Sudah tidak asing lagi yang namanya promosi dalam dunia bisnis internet. Apapun semua jenis bisnis internet maka promosi akan melekat di sana. Banyak orang salah paham akan hal yang mengatakan "wah kalo bisnis internet harus promosi ya?" atau "Wah bisnis internet kita harus cari member ya buat dapet uang?", anda tau ini salah besar. Promosi memang pasti di lakukan tapi kita harus tau apa maknanya, trik dan strateginya. Malah jika ada penawaran suatu bisnis yang mengatakan "kaya cepat tanpa perlu promosi, tinggal duduk santai uang pun mengalir" justru hal ini yang harus anda khawatirkan. Oke, sekarang yang menjadi masalah bukanlah promosinya, melainkan bagaimana cara / strategi promosi yang tepat dan efektif. 4 hal penting yang harus anda perhatikan dalam promosi agar memberikan hasil yang baik, yaitu :
1. Produk
Ya, sudah pasti tentu produk sangat berpengaruh dan penting anda perhatikan. Orang akan lebih banyak membeli untuk produk dengan kualitas yang sudah terbukti, banyak orang puas dan bagaimana nama baik produk tersebut hingga saat ini apapun jenis produknya, e-book, jasa, barang fisik dll.
2. Tempat
Kenapa tempat?, oke dalam berbisnis internet baik sebagai pemilik produk ataupun sebagai affiliate/reseller anda harus tau pasti apa yang sedang anda tawarkan dan siapa yang membutuhkannya?
"Siapa yang membutuhkannya?"
Ya, itulah kata kuncinya dalam berbisnis internet, kita harus tau bahwa kita menjual atau memberikan baik itu informasi, peluang ataupun yang lainnya ke orang yang membutuhkan. Contoh : Anda menjual sebuah kaos, namun anda memasang iklan anda di tempat yang berhubungan dengan kesehatan. Sudah tentu 99,99% promosi anda akan gagal. Beda jika anda jual di tempat yang berhubungan dengan fasion. Salah satu media terbaik untuk layanan memasang iklan tepat dan sesuai kata kunci yang anda bidik yaitu google adwords, anda bisa coba ini.
3. Budget
Dalam memulai sebuah promosi, sama hal dengan bisnis secara offline anda harus tau dahulu bagaimana minat market anda atas produk yang anda tawarkan. Untuk itulah anda harus bisa mengontrol budget anda di awal anda promosi khususnya dalam media PPC.
Caranya, anda mempromosikan peluang bisnis, jasa/produk lainnya dengan salah satu media PPC dengan budget terkecil misal, 500 perklik dan lihat perkembangannya misal dengan 100 klik, peminat mencapai > 5 pemesan, maka bisa di bilang bagus dan apa yang anda tawarkan sedang banyak di cari orang. Jadi, biaya anda tidak akan sia-sia. Jika kurang anda bisa menggunakan media iklan baris terlebih dahulu.
4. Kalimat Iklan
Dan yang ini tentu sangat pengaruh juga, kita bandingkan dua iklan di bawah ini :
"Jasa pasang layanan Antena
TV dgn lebih 30 chanel tebaik"
"Mau lebih banyak hiburan dgn TV di rumah
Temukan disini, kami bantu anda"
Mana yang membuat anda pasti akan mengklik lebih dahulu, pasti yang ke dua bukan?, kenapa coba lihat apa yang menjadi perbedaan menyolok dari kata-kata di atas. Yaitu "Manfaat pada si pembaca" di iklan awal iklan hanya menawarkan, sedangkan di iklan keduan memberikan manfaat yaitu hiburan. Nah, inilah yang menjadi salah satu patokan juga untuk anda agar beriklan lebih efektif, yaitu berikan kata - kata yang memberikan, manfaat dan solusi bukan menjual. Semoga bisa bermanfaat untuk anda
Bagaimana dengan anda, ada tambahan lain ?
thanks infonya...
ReplyDeletenice...
terima kasih banyak tipsnya mas.
ReplyDeletebisnis komputer
ReplyDeletetips sederhana tapi 'mengena' sekali, nice tips
ReplyDeleteTerus terang iniinfomasi sangat menarik sehingga menambah
ReplyDeletewawasan dan pengetahuansaya.
Makasih banyak, ditunggu posting
lainnya...
emang bener mas Subkhi,... saya juga belajar banyak tentang membuat judul iklan yang dapat menjadi manfaat dan solusi bagi yang membacanya...
ReplyDelete