Friday 19 July 2013

Catatan Kecil Dalam Memperlakukan Bisnis Online Anda

Bisnis online itu mudah. Asalkan ada niat, pasti ada jalan. Banyak orang yang takut untuk memulai karena merasa awam dengan penggunaan internet. Kalau demikian adanya, tentunya yang perlu dilakukan sebenarnya adalah mencoba sendiri berinternet dan mulai melihat peluang yang mungkin bisa dimanfaatkan.  Untuk saat ini, sudah banyak contoh situs yang bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan.

Kalaupun anda malas untuk mengotak atik situs contoh,  anda juga bisa menggunakan layanan blog sebagai awal dari situs untuk bisnis online anda. Blog sendiri sebenarnya awalnya adalah semacam buku harian online. Namun untuk saat ini sudah banyak orang yang memanfaatkan situs semacam ini untuk ajang sarana promosi murah. Membuat blog gampang dan gratis.  Untuk melakukan modifikasi
pada bagian-bagian blog sebenarnya cukup sederhana. Untuk memasukkan artikel promosi produk juga tidak terlalu sulit. Anda bisa memasukkan teks keterangan produk lengkap dengan gambar produk di blog yang telah dibuat.  Pada blog dasar biasanya belum ada aplikasi belanja online. Karena itu  penting untuk mencantumkan nomor telepon, BB,  email maupun alamat tempat usaha.  Perlu juga untuk mencantumkan jam kerja agar anda tidak harus memonitor arus pesanan selama 24 jam penuh

Memperlakukan Pelanggan Secara Online
Mungkin anda pernah mendengar bahwa dengan memulai bisnis online, ada banyak hal yang bisa dilakukan secara otomatis. Salah satunya adalah jawaban otomatis untuk setiap ada keluhan pelanggan. Meskipun applikasi penjawab email atomatis sangat praktis, untuk jangka panjang applikasi semacam ini tidak akan banyak membantu.

Jika anda membuat email yang khusus menampung keluhan pelanggan dan kemudian hanya menyiapkan jawaban instan untuk keluhan-keluhan yang berbeda, bisa saja pelanggan akan jengkel. Karena itu, sebisa mungkin untuk tidak terlalu mengandalkan jawaban instan seperti “keluhan anda sedang kami proses”. Semakin banyak orang yang kecewa, maka reputasi bisnis online anda bisa terancam. Orang bisa saja menggunakan situs jejaring sosial maupun forum untuk menyerang produk anda saat merasa keluhannya tidak ditanggapi dengan baik. Bisnis online juga membutuhkan kerja keras dan motivasi untuk memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan.

Menggunakan Promosi Online Dan Offline Secara Bersamaan
Meskipun bisnis online bergerak secara maya, namun jika anda menjual barang yang ada bentuk fisiknya, maka perlu disiapkan strategi yang tepat. Pertama, anda bisa memanfaatkan promosi offline seperti spanduk, brosur dan iklan koran.  Melalui media promosi ini anda bisa membuat orang untuk datang langsung ke tempat anda arau mengunjungi situs anda. Kedua, membatasi jangkauan promosi online.

Bagi banyak pebisnis online pemula, cara ini mungkin terdengar aneh. Tapi sebenarnya cukup penting untuk dilakukan sejak awal.  Katakanlah untuk saat ini anda hanya bisa mengirim di daerah Jabodetabek, akan sangat menyulitkan jika ada pemesan barang dari Amerika. Dari pada sibuk mengirimkan permintaan maaf berkali-kali, ada baiknya untuk jangkauan pengiriman ini disebutkan secara jelas sejak awal.

Share this

3 Responses to "Catatan Kecil Dalam Memperlakukan Bisnis Online Anda"

  1. sy mau mulai tp lupa nama dan sandi





















































































































    lupa nama dan sandi



    ReplyDelete
  2. Terima kasih artikelnya....
    Saya ingin lebih banyak belajar bisnis online lagi lewat artikelnya Mas Subkhi.
    Salam bisnis online..!

    ReplyDelete

Berikan komentar anda dari artikel di atas disini. Feedback dan komentar anda adalah bagian yang terpenting dari artikel ini.